SBMPTN Resmi Diluncurkan, Pendaftaran Mulai 13 Mei 2013

Ujian-Tulis-SNMPTN

Jakarta — Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh meluncurkan jalur penerimaan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) Tahun 2013. SBMPTN merupakan bentuk penerimaan mahasiswa baru, selain Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri.

Sebanyak 62 PTN akan berpartisipasi dalam SBMPTN tahun ini. Penambahan ini dikarenakan bergabungnya IAIN Walisongo Semarang dengan 61 PTN di tahun sebelumnya.

Ketua Panitia SBMPTN 2013 Akhmaloka menjelaskan pola baru yang diterapkan di SBMPTN 2013.  Jika sebelumnya calon mahasiswa dapat memilih tiga prodi hanya untuk kelompok ujian campuran, tahun ini tiga prodi untuk masing-masing kelompok ujiannya. “Tahun ini, peserta SBMPTN dapat memilih tiga program studi (prodi) di masing-masing kelompok ujiannya,”terang Akhmaloka pada Acara Peluncuran SBMPTN, Jakarta, hari ini (15/3).

Kelompok ujian SBMPTN 2013 adalah kelompok saintek yang dapat memilih prodi dari kelompok prodi sains dan teknologi, kelompok ujian soshum yang dapat memilih prodi dari kelompok prodi sosial, dan humaniora. Terakhir, kelompok ujian campuran dapat memilih prodi yang merupakan campuran dari prodi kelompok sains dan teknologi, serta sosial dan humaniora.

Jadwal penyelenggaraan SBMPTN diimulai dengan masa pembayaran biaya seleksi yang akan dilaksanakan tanggal 10 Mei-4 Juni 2013. Pendaftaran secara media internet dilaksanakan 13 Mei-7 Juni 2013. Ujian tertulis akan dilaksanakan tanggal 18-19 Juni 2013. Jadwal ujian keterampilan adalah 20 dan atau 21 Juni 2013. Pengumuman hasil seleksi akan dilakukan tanggal 12 Juli 2013. (GG, www.kemendiknas.go.id)