Hati-hati Pilih Program Studi PTN

rincian-biaya-kuliah

Hati-Hati Pilih Program Studi PTN
02/01/2013 (All day)
Jakarta—Para peserta pelamar Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi (SNMPTN) sudah dapat melakukan pendaftaran mulai hari ini Jumat, (1/02/2013). Namun, mereka diminta berhati-hati dalam memilih program studi yang dituju.
Ketua Umum Panitia Pelaksana SNMPTN 2013, Akhmaloka, menyampaikan, peserta SNMPTN wajib membaca ketentuan di PTN yang dituju. Menurut dia, sejumlah program studi memiliki persyaratan tertentu seperti tidak boleh buta warna.
Ketentuan lain misalnya, untuk mendaftar pada jurusan psikologi ada universitas yang mensyaratkan pendaftar dari jurusan IPS, tetapi di universitas lain mensyaratkan dari jurusan IPA. “Para peserta harus membaca ketentuan di universitasnya,” katanya saat memberikan keterangan pers di Kemdikbud, Jakarta, Jumat (1/02/2013).
Akhmaloka menambahkan, peserta dapat memilih sebanyak-banyaknya dua PTN yang diminati. Jika hanya memilih satu PTN maka dapat memilih PTN di provinsi manapun. Namun, jika memilih dua PTN, salah satunya harus berada di provinsi yang sama dengan SMA asalnya.
“Kadang-kadang semua ingin masuk di universitas papan atas, tapi tentu banyak yang tidak masuk. Padahal jangan sampai ada kesempatan kuliah di perguruan tinggi, tetapi tidak terisi,” katanya.
Peserta dapat memilih sebanyak-banyaknya dua program studi pada masing-masing PTN. Urutan pilihan PTN dan program studi menyatakan prioritas pilihan (http://www.kemdiknas.go.id/kemdikbud/berita/1018)

One thought on “Hati-hati Pilih Program Studi PTN”

Comments are closed.